PT LG Electronics Indonesia (LG) menyatakan langkah transformasi perusahaan memberi dampak nyata, bukan hanya pada pertumbuhan bisnis tetapi juga pada kontribusi terhadap industri serta perdagangan nasional.
“Penguatan organisasi dan berbagai pengembangan yang dilakukan di bawah semangat untuk kehidupan lebih baik dapat sejalan dengan dampaknya bagi komunitas dan lingkungan,” ujar Ha Sang-chul, President of LG Electronics Indonesia.
LG menegaskan penguatan organisasi berjalan seiring meningkatnya kepercayaan masyarakat dan hadirnya berbagai inovasi termasuk dukungan kecerdasan buatan (AI).
Transformasi ditopang oleh dua fasilitas produksi di Tangerang dan Bekasi yang memproduksi perangkat rumah tangga seperti kulkas, TV, dan monitor.
Fasilitas ini didukung tenaga kerja lokal dan menjadi basis pemenuhan pasar dalam negeri sekaligus ekspor ke berbagai negara. “Keberhasilan ini tidak lepas dari sinergi dan dukungan pemerintah Indonesia,” lanjut Ha Sang-chul.
Penguatan berlanjut melalui integrasi fungsi bisnis: kantor pusat pemasaran dan penjualan, perluasan layanan purna jual, serta pendirian pusat riset dan pengembangan (R&D) di Indonesia.
Dengan kelengkapan ini, LG menyebut diri sebagai satu-satunya perusahaan elektronik di Indonesia dengan sistem bisnis terintegrasi yang sepenuhnya berada dan dikendalikan di dalam negeri.
Integrasi ini mendorong peningkatan pemanfaatan sumber daya/material lokal, berdampak pada kenaikan TKDN, serta menggandeng sektor UKM sebagai mitra dalam rantai pasok.
Di sisi sosial, LG menjalankan program LG Loves Indonesia dengan empat pilar: LG Loves & Cares (pemulihan bencana), LG Loves Children (perkembangan & kesejahteraan anak), LG Loves School (peningkatan kompetensi siswa melalui teknologi), dan LG Loves Green (pelestarian lingkungan).
Memasuki usia 35 tahun di Indonesia, LG mengapresiasi sinergi dengan pemerintah dan menegaskan komitmen “Life’s Good” untuk menjadi mitra sejalan dalam pengembangan masyarakat dan lingkungan berkelanjutan.
Ke depan, LG akan memperkuat bisnis lewat inovasi yang relevan dengan kebutuhan lokal, mengintegrasikan AI dan platform LG ThinQ, serta memperluas distribusi di kanal online dan offline.
LG juga mengembangkan Life’s Good Consumer Experience untuk menghadirkan pengalaman konsumen yang fungsional sekaligus menyenangkan.

